Sabtu, 23 Oktober 2010

perbedaan antara Japanese Rocks,Harajuku dan Visual Kei ?

Sejarah J-Rock dimulai tahun 1957 dengan dikenalnya musik rock di Jepang bersamaan dengan puncak kepopuleran rockabilly yang merupakan salah satu gaya rock 'n' roll.
J-rock adalah term dari band-band jepang yang memainkan musik rock, dan kalo biasanya memang digunakan bagi band-band yang tidak berdandan, contohnya adalah Asian Kung-fu generation, Janne Da Arc, UVERworld, ELLEGARDEN dan masih banyak lagi laennya.

Visual-Kei adalah term dari sebuah style yang terlebih dahulu diperkenalkan oleh X-japan, dimana band tersebut menggunakan dandanan yang tebal dan make up yang sangat menonjol.
Pertengahan dekade 1990-an merupakan puncak ketenaran band Visual Kei. Kehadiran Luna Sea mendapat sambutan luar biasa penggemar musik Jepang, diikuti oleh Glay dan L'Arc~en~Ciel (walaupun L'Arc~en~Ciel sendiri menolak disebut sebagai band Visual Kei).
Saat ini, band yang tergolong sebagai band Visual Kei adalah Phantasmagoria, Vidoll, Shoujo lolita 23q, SUG, Serial Number, Alice Nine, Malice Mizer, Versailles dan masih banyak lagi.
Khas dari gaya Visual Kei adalah pada dandanan yang terkadang berbau feminim, mengandung unsur ke-erropaan (liat aja versailles) dan biasanya dalam 1 band ada satu personil yang menjadi tokoh Heroine (berdandan sebagai wanita), meskipun ini adalah ketentuan tidak mutlak.

Harajuku Style sebenarnya tidak ada dalam istilah Jepang, itu adalah term yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menjabarkan Style "unik" yang digunakan oleh remaja/ masyarakat Jepang sendiri. Pada Visual Kei pada umumnya yang kita sebut sebagai Harajuku adalah gaya Free style yang dianut oleh band semacam Alice Nine, Ayabie atau An-Cafe.

GANBATTE ^^V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar